Minggu, 17 Oktober 2010

Apa yg di maksud uswatun khasanah?



Beberapa kajian yang telah kami tuliskan mengambil dasar-dasar hukum dari Al-Qur'an dan hadist Nabi Muhammad SAW, hendaklah kiranya dapat menjadikan kita sebagai pribadi-pribadi yang berakhlakul Karimah dan mendapat ridlo dari Allah SWT dan dapat memberikan manfaat kepada orang lain, serta menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan menjadi teladan bagi orang lain.

Rasulullah SAW adalah Uswatun Khasanah, yaitu teladan bagi setiap manusia yang hidup di dunia. Sebagai umatnya kita disunahkan untuk mengambil dan mencontoh keteladanan beliau. Namun dalam kebanyakan kajian sering orang mengartikan dan memaknainya secara sempit. Mereka menganjurkan kita untuk mengamalkan sunah-sunah Rasulullah SAW, tanpa menekankan bahwa Rasulullah itu adalah suri tauladan dan apabila kita ingin mengambil atau melaksanakan keteladanan beliau maka kita pun semestinya harus menjadi teladan bagi orang lain, sesuai dengan kemamuan dan kapasitas kita masing-masing.

Dalam komunitas yang kita bangun sudah seharusnyalah kita bisa saling meneladani atau menjadi teladan satu sarna lain dalam arti kebaikan dan menjadi kesatuan masyarakat kecil yang bisa menjadi teladan bagi kehidupan masyarakat. Mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan dapat kita raih dan diridloi oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar